Penaksiran nishab kurma dan
anggur dilakukan saat buah sudah tua (matang). Sebagaimana hadis dari Â’isyah
RA:
2315 عَن عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ وَهِيَ تَذْكُرُ شَأْنَ خَيْبَرَ:
«كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَبْعَثُ ابْنَ رَوَاحَةَ
فَيَخْرُصُ النَّخْلَ حِينَ يَطِيبُ أَوَّلُ الثَّمَرِ قَبْلَ أَنْ تُؤْكَلَ، ثُمَّ
يُخَيِّرُ الْيَهُودَ بِأَنْ يَأْخُذُوهَا بِذَلِكَ الْخَرْصِ أَمْ يَدْفَعُهُ الْيَهُودُ
بِذَلِكَ، وَإِنَّمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ
بِالْخَرْصِ لِكَيْ تُحْصَى الزَّكَاةُ قَبْلَ أَنْ تُؤْكَلَ الثَّمَرَةُ وَتُفَرَّقَ»
- صحيح ابن خزيمة (4/ 41)[1]
Dari Aisyah RA, dia mengingat
keadaan (perang) khaibar dan berkata: “RasûlulLâh SAW mengutus Ibn Rawâhah
untuk menaksir kurma waktu sudah matang buah pertama sebelum dimakan. Kemudian
ia meminta para penduduk Yahudi itu untuk menerima taksiran itu atau tidak
menerimanya. Sesungguhnya RasûlulLâh SAW hanya memerintahkan penaksiran supaya
zakat itu dihitung sebelum buah itu dimakan atau dipisahkan[2]”
[HR Ibn Khuzamah]
WalLâhu A‘lam bi al-Shawwâb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar