Rabu, 31 Desember 2014

Waktu Menaksir Nishab Zakat Kurma dan Anggur - DR Yusuf Qaradawi



Penaksiran nishab kurma dan anggur dilakukan saat buah sudah tua (matang). Sebagaimana hadis dari Â’isyah RA:

2315 عَن عَائِشَةَ، أَنَّهَا قَالَتْ وَهِيَ تَذْكُرُ شَأْنَ خَيْبَرَ: «كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، يَبْعَثُ ابْنَ رَوَاحَةَ فَيَخْرُصُ النَّخْلَ حِينَ يَطِيبُ أَوَّلُ الثَّمَرِ قَبْلَ أَنْ تُؤْكَلَ، ثُمَّ يُخَيِّرُ الْيَهُودَ بِأَنْ يَأْخُذُوهَا بِذَلِكَ الْخَرْصِ أَمْ يَدْفَعُهُ الْيَهُودُ بِذَلِكَ، وَإِنَّمَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَمَرَ بِالْخَرْصِ لِكَيْ تُحْصَى الزَّكَاةُ قَبْلَ أَنْ تُؤْكَلَ الثَّمَرَةُ وَتُفَرَّقَ» - صحيح ابن خزيمة (4/ 41)[1]

Dari Aisyah RA, dia mengingat keadaan (perang) khaibar dan berkata: “RasûlulLâh SAW mengutus Ibn Rawâhah untuk menaksir kurma waktu sudah matang buah pertama sebelum dimakan. Kemudian ia meminta para penduduk Yahudi itu untuk menerima taksiran itu atau tidak menerimanya. Sesungguhnya RasûlulLâh SAW hanya memerintahkan penaksiran supaya zakat itu dihitung sebelum buah itu dimakan atau dipisahkan[2]” [HR Ibn Khuzamah]

WalLâhu A‘lam bi al-Shawwâb


[1] ([التعليق] 2315 - قال: إسناده صحيح على شرط مسلم)  Catatan: komentator hadis ini berkata: sanadnya shahih berdasarkan syarat Imam Muslim RA.
[2] Saya kurang tahu makna “dipisahkan”, apakah dipetik atau dipisah-pisahkan dalam arti diproses untuk menjadi kurma kering. WalLâhu a’lam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar