2416 - عن أبي عُبيدٍ[1]، قال: شَهِدْتُ العيدَ مع عُمَرَ، فبدأ بالصلاةِ قبل الخُطبةِ، ثم قال: إن رسولَ الله -صلَّى الله عليه وسلم- نهى عن صِيامِ هذين اليومين: أما يومُ الأضحى، فتأكُلُون من لحم نُسُكِكُم، وأما يومُ الفِطْر، فَفِطْركُم من صِيامِكُم - سنن أبي داود 4/ 86 [2]
Dari Abu Ubaid, ia berkata: "Aku berhari-raya bersama Umar RA. Kemudian beliau memulai shalat (hari raya) sebelum khutbah, kemudian berkata: 'Sesungguhnya RasûlulLâh SAW melarang puasa dua hari ini: adapun hari raya Idul Adha, maka kalian makan daging dari kurban kalian. Sedangkan hari raya Idul Fitri, maka kesucian kalian (fithrukum) itu bagian dari puasa kalian.'" [HR Abu Dâwud 2416, Awwal Kitâb al-Shaum, Bâb fî Shaum al-'îdain][3]
10917 - عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَعَثَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ حُذَافَةَ يَطُوفُ فِي مِنًى: «أَنْ لَا تَصُومُوا هَذِهِ الْأَيَّامَ، فَإِنَّهَا أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ» - مسند أحمد 16/ 535 [4]
Dari Abu Hurairah: Sesungguhnya RasûlulLâh SAW mengutus AbdulLâh ibn Hudzâfah mengelilingi Mina: "Hendaknya kamu sekalian tidak berpuasa pada hari-hari ini, karena sesungguhnya hari-hari ini adalah hari makan, minum dan berdzikir kepada Allah Azza wa Jalla" [HR Ahmad 10917, Musnad Muktsirîn min al-Shahâbah, Musnad Abî Hurairah RA][5]
Mayoritas ulama memandang larangan berpuasa pada hari Jum'at 'saja' bersifat makrûh, tidak sampai haram.[6] Namun kemakruhannya ini juga akan hilang jika sebelum atau sesudahnya juga berpuasa[7], atau masuk dalam kategori puasa sunnah wajib atau sunnah lainnya, seperti: Puasa Arafah pada hari Jum'at, puasa 10 Muharram pada hari Jum'at, dll. Adapun hadis yang mendasari hal ini adalah:
1986 - عَنْ أَبِي أَيُّوبَ، عَنْ جُوَيْرِيَةَ بِنْتِ الحَارِثِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا، أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، دَخَلَ عَلَيْهَا يَوْمَ الجُمُعَةِ وَهِيَ صَائِمَةٌ، فَقَالَ: «أَصُمْتِ أَمْسِ؟»، قَالَتْ: لاَ، قَالَ: «تُرِيدِينَ أَنْ تَصُومِي غَدًا؟» قَالَتْ: لاَ، قَالَ: «فَأَفْطِرِي» - صحيح البخاري 3/ 42 [8]
Dari Abu Ayyub, dari Juwairiyyah bint al-Hârist RA, sesungguhnya Nabi SAW, masuk ke dalam (tenda/ rumah) Juwairiyyah pada hari Jum'at, sedangkan dia (Juwairiyyah) dalam keadaan puasa. Maka Nabi SAW bersabda: "Apakah engkau kemarin berpuasa?" Juwairiyyah menjawab: "Tidak!" RasûlulLâh kembali bertanya: "Apakah engkau ingin berpuasa besok?" Juwairiyyah menjawab: "Tidak!" RasûlulLâh SAW bersabda: "Maka berbukalah (batalkan puasa)!" [HR Bukhârî 1986, Kitâb al-Shaum, Bâb Shaum Yaum al-Jum'ah][9]
Sama dengan larangan di atas, bahwa larangan berpuasa pada hari sabtu saja bersifat makruh sebagaimana pendapat dalam madzhab hanafi, syafi'î dan hambali. Dikatakan bahwa salah satu hikmah kemakruhan berpuasa khusus hari sabtu adalah kita tidak mengagungkan hari sabtu sebagaimana orang yahudi mengagungkannya.[10]
Namun madzhab malikî membolehkan berpuasa pada hari sabtu secara khusus tanpa kemakruhan sedikit pun berdasarkan sebuah hadist dari Ummu Salamah. Perbedaan ini muncul karena ada dua hadist yang tampak kontradiksi sehingga menghasilkan kesimpulan yang berbeda. Walaupun jelas bahwa pendapat pertama adalah pendapat mayoritas. Dua hadis tersebut adalah sebagai berikut:
Pertama: tentang larangan berpuasa khusus hari sabtu
2777 - عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ بُسْرٍ، عَنْ أُخْتِهِ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَا تَصُومُوا يَوْمَ السَّبْتِ إِلَّا فِيمَا افْتَرَضَ عَلَيْكُمْ فَإِنْ لَمْ يَجِدْ أَحَدُكُمْ إِلَّا عُودَ عِنَبٍ أَوْ لِحَاءَ شَجَرَةٍ فَلْيَمْضُغْهُ» - السنن الكبرى للنسائي 3/ 210 [11]
Dari AbdulLâh ibn Busr, dari saudarinya, sesungguhnya RasûlulLâh SAW bersabda: "Janganlah kalian berpuasa pada hari sabtu kecuali yang wajib atas kalian, jika salah seorang diantara kalian tidak mendapati kecuali dahan anggur atau kulit pohon maka kunyahlah" [HR al-Nasâ'î 2777, Kitâb al-Shiyâm, Dzikr al-Ikhtilâf 'alâ Tsaur ibn Yazîd …][12]
*Hadis ini shahih berdasarkan syarat muslim dan dihasankan oleh al-Tirmîdzi.[13]
Kedua: tentang puasa Nabi SAW pada hari sabtu dalam rangka menyelisihi orang orang musyrik
3646 - قَالَتْ أُمُّ سَلَمَةَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَصُومُ يَوْمَ السَّبْتِ وَيَوْمَ الْأَحَدِ أَكْثَرَ مَا كَانَ يَصُومُ مِنَ الْأَيَّامِ، وَيَقُولُ: «إِنَّهُمَا عِيدَانِ لِلْمُشْرِكِينَ، فَأُحِبُّ أَنْ أُخَالِفَهُمُ» - صحيح ابن حبان 8/ 408 [14]
Ummu Salamah berkata: "Adalah RasûlulLâh SAW paling banyak berpuasa pada hari sabtu dan ahad dibanding hari lainnya." Kemudian beliau bersabda: "Sesungguhnya dua hari itu adalah hari raya untuk orang-orang musyrik, maka aku suka untuk menyelisihi mereka." [HR Ibn Hibban 3646, Bâb Shaum al-Tathawwu', Dzikr Mâ Yustahabbu li al-Mar'i …][15]
1914 - عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «لاَ يَتَقَدَّمَنَّ أَحَدُكُمْ رَمَضَانَ بِصَوْمِ يَوْمٍ أَوْ يَوْمَيْنِ، إِلَّا أَنْ يَكُونَ رَجُلٌ كَانَ يَصُومُ صَوْمَهُ، فَلْيَصُمْ ذَلِكَ اليَوْمَ» - صحيح البخاري 3/ 28 [16]
Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi SAW, bersabda: "Sungguh satu orang pun diantaramu tidak mendahului Ramadhân dengan berpuasa sehari atau dua hari (sebelumnya), kecuali jika seseorang terbiasa melakukan puasa pada hari itu[17], maka berpuasalah." [HR Bukhârî 1914, Kitâb al-Shaum, Bâb Lâ Yataqaddamu Ramadhân bi Shaum Yaum wa Lâ Yaumain][18]
*Puasa satu atau dua hari sebelum Ramadhân (hari syak) dilarang, kecuali bagi orang yang sudah terbiasa melakukan rangkaian puasa atau bagi orang yang mengqadla puasa.[19]
5192 - عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «لاَ تَصُومُ المَرْأَةُ وَبَعْلُهَا شَاهِدٌ إِلَّا بِإِذْنِهِ» - صحيح البخاري 7/ 30 [20]
Dari Abu Hurairah, dari RasûlulLâh SAW: "Tidaklah seorang wanita berpuasa sedangkan suaminya menyaksikan (hadir ditengah-tengah dia) kecuali dengan izinnya" [HR Bukhârî 5192, Kitâb al-Nikâh, Bâb Shaum al-Mar'ah bi Idzni Zaujiha Tathawwu'an][21]
1966 - عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قَالَ: «إِيَّاكُمْ وَالوِصَالَ» مَرَّتَيْنِ قِيلَ: إِنَّكَ تُوَاصِلُ، قَالَ: «إِنِّي أَبِيتُ يُطْعِمُنِي رَبِّي وَيَسْقِينِ، فَاكْلَفُوا مِنَ العَمَلِ مَا تُطِيقُونَ» - صحيح البخاري 3/ 38 [22]
Dari Nabi SAW, bersabda: "Jauhilah puasa wishâl (puasa yang bersambung)[23]" dua kali. Beliau SAW ditanya: "Sesungguhnya engkau melakukan itu." Nabi SAW menjawab: "Sesungguhnya Rabb-ku selalu memberiku makan dan minum, maka lakukanlah perbuatan yang kalian mampu saja." [HR Bukhârî 1966, Kitâb al-Shaum, bâb al-Tankîl li Man Aktsara Fishâl][24]
WalLâhu A'lam bi al-Shawwâb
Miftah Khilmi Hidayatulloh, Lc.
Hikmah al-Qur'ân
[1] Beliau adalah Sa'ad ibn Ubaid al-Zuhrî
[2] Hadis ini juga diriwayatkan oleh Ibn Khuzaimah No. 2959, Juz 2, h. 1389 (Cet. Al-Maktab Al-Islâmî); Imâm Mâlik No. 232, Juz 1, h. 88; Ibn Mâjah No. 1722, Juz 1, h. 549 (Cet. Dâr Ihyâ' al-Kutub al-'Arabiyyah); Imâm Ahmad No. 163, Juz 1, h. 301 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); al-Nasâ'î No. 2801, Juz 3, h. 217 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Ibn Hibbân No. 3598, Juz 8, h. 363 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah).
[3] Abu Dâwud Sulaimân ibn al-Asy'ats al-Sijistânî (w. 275), Sunan Abi Dâwud Juz 4 di-tahqîq oleh Syu'aib al-Arna'uth dan Muhammad Kâmil (Dâr al-Risâlah al-âlamiyyah, Cet. I, 1430 H/ 2009 M) h. 86
[4] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Sunan al-Dâruquthnî No. 2287, Juz 3, h. 158 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Musnad ibn Abi Syaibah No. 766, Juz 2, h. 272 (Cet. Dâr al-Wathan); al-Sunan al-Kubra li al-Nasâ'î No. 2888, Juz 3, h. 244 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); al-Mu'jam al-Awsâth No. 7056, Juz 7, h. 125 (Cet. Dâr al-Haramain).
[5] Abû AbdilLâh Ahmad ibn Muhammad ibn Hanbal (w. 241 H), Musnad al-Imâm ibn Hanbal Juz 16 di-tahqîq oleh Syu'aib al-Arna'uth, dkk (Mu'assasah al-Risâlah, Cet. I, 1421 H/ 2001 M) h. 535
[6] Sayyid Sâbiq (w. 1420 H), Fiqh Sunnah Juz I (Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabî, Cet. III, 1397 H/ 1977 M) h. 445
[7] Sayyid Sâbiq (w. 1420 H), Fiqh Sunnah Juz I (Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabî, Cet. III, 1397 H/ 1977 M) h. 446
[8] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Shahîh ibn Hibbân No. 3611 Juz 8, h. 375 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Musnad Ahmad No. 6771, Juz 11, h. 384 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Sunan Abi Dâwud No. 3422, Juz 2, h. 321 (Cet. Al-Maktabah al-'Ashriyyah); Shahîh ibn Khuzaimah No. 2162, Juz 3, h. 316 (Cet. Al-Maktab al-Islâmî); al-Sunan al-Kubrâ li al-Nasâ'î No. 2766, Juz 3, h. 207 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah).
[9] Muhammad ibn Ismâ'îl al-Bukhârî, Shahîh al-Bukhârî Juz III di-tahqîq oleh Muhmmad Zahîr ibn Nâshir al-Nâshir (Dâr Thûq al-Najâh, Cet. I, 1422 H) h. 42
[10] Sayyid Sâbiq (w. 1420 H), Fiqh Sunnah Juz I (Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabî, Cet. III, 1397 H/ 1977 M) h. 446-447
[11] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Hilyah al-Auliyâ' wa Thabaqât al-Ashfiyâ' Juz 5, h. 218 (Cet. Al-Sa'âdah); al-Mu'jam al-Kabîr No. 819, Juz 24, h. 330 (Cet. Maktabah ibn Taimiyah); Mukhtashar al-Ahkâm Juz 3, h. 393 (Cet. Maktabah al-Ghurabâ' al-Atsariyyah)
[12] Abu AbdurRahmân Ahmad ibn Syu'aib al-Nasâ'î, al-Sunan al-Kubrâ Juz III (Beirut: Mu'assasah al-Risâlah, Cet. I, 1421 H/ 2001 M) h. 210
[13] Sayyid Sâbiq (w. 1420 H), Fiqh Sunnah Juz I (Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabî, Cet. III, 1397 H/ 1977 M) h. 446
[14] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Musnad al-Imâm Ahmad ibn Hanbal No. 26749, Juz 44, h. 330 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); al-Mu'jam al-Awsath No. 3857, Juz 4, h. 156 (Cet. Dâr al-Haramain)
[15] Muhammad ibn Hibban ibn Ahmad ibn Hibban al-Dârimî (w. 354 H), Shahîh ibn Hibbân bi Tartîb ibn Bulbân Juz VIII di-tahqîq oleh Syu'áib al-Arna'uth (Beirut: Mu'assasah al-Risâlah, Cet. II, 1414 H/ 1993 M) h. 407.
[16] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Shahîh Muslim No. 1082, Juz 2, h. 762 (Cet. Dâr Ihyâ' al-Turâst al-'Arabî); Sunan al-Dârimî No. 1836, Juz 1, h. 417 (Cet. Dâr al-Basyâ'ir); Sunan Abi Dâwud Juz 4, h. 23 (Cet. Dâr al-Risâlah al-'Âlamiyyah); Shahîh ibn Hibban No. 3586, Juz 8, h. 352 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Sunan Ibn Mâjah No. 1650, Juz 1, h. 528 (Cet. Dâr Ihyâ' al-Kutub al-'Arabiyyah); Musnad al-Imâm Ahmad No. 8575, Juz 14, h. 241 (Cet. Mu'assasah al-Risâlah); Sunan al-Tirmîdzî No. 685, Juz 2, h. 62 (Cet. Dâr al-Gharbî al-Islâmî), Musnad al-Syâfi'î Juz 1, h. 187 (Cet. Dâr al-Kutub al-'Ilmiyyah).
[17] Atau memiliki qadha' atau nadzar, maka tidak mengapa puasa pada hari itu.
[18] Muhammad ibn Ismâ'îl al-Bukhârî, Shahîh Bukhârî Juz III di-tahqîq oleh Muhammad Zahîr ibn Nâshir al-Nâshir (Dâr al-Thûq al-Najâh, Cet. I, 1322 H) h. 1914.
[19] Lih. Sayyid Sâbiq (w. 1420 H), Fiqh Sunnah Juz I (Beirut: Dâr al-Kitâb al-'Arabî, Cet. III, 1397 H/ 1977 M) h. 447
[20] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Sunan al-Dârimî No. 1868, Juz 1, h. 423 (cet. Dâr al-Basyâ'ir); Shahîh Ibn Khuzaimah No. 2168, Juz 2, h. 1036 (cet. Al-Maktab al-Islâmî); Sunan Abî Dâwud No. 2458, Juz 4, h. 118 (cet. Dâr al-Risâlah al-'Âlamiyyah); al-Âdâb li al-Baihaqî No. 48, Juz 1, h. 22 (cet. Mu'assasah al-Kutub al-Tsaqâfiyyah); Shahîh Ibn Hibbân No. 3572, Juz 8, h. 339 (cet. Mu'assasah al-Risâlah); Sunan Ibn Mâjah No. 1761, Juz 1, h. 560 (cet. Dâr Ihyâ' al-Kutub al-'Arabiyyah); Musnad al-Imâm Ahmad No. 8188, Juz 13, h. 514 (cet. Mu'assasah al-Risâlah); Sunan al-Tirmîdzî No. 782, Juz 2, h. 143 (cet. Dâr al-Gharb al-Islâmî); Shahîh Muslim No. 1026, Juz 2, h. 711 (cet. Dâr Ihyâ' al-Turâst al-'Arabî); al-Sunan al-Kubrâ li al-Nasâ'î No. 2932, Juz 3, h. 258 (cet. Mu'assasah al-Risâlah).
[21] Muhammad ibn Ismâ'îl al-Bukhârî, Shahîh al-Bukhârî Juz VII di-tahqîq oleh Muhammad Zahîr ibn Nâshir al-Nâshir (Dâr al-Thûq al-Najâh, Cet. I, 1422 H) h. 30
[22] Hadis ini juga diriwayatkan dalam Shahîh Muslim No. 1103, Juz 2, h. 774 (cet. Dâr Ihyâ al-Turâts al-'Arabî); Sunan al-Dârimî No. 1851, Juz 1, h. 420 (cet. Dâr al-Basyâ'ir); Shahîh Ibn Khuzaimah No. 2069, Juz 2, h. 995 (al-Maktab al-Islâmy), Muwatha' Mâlik No. 368, Juz 1, h. 129; Shahîh Ibn Hibbân No. 3576, Juz 8, h. 342 (cet. Mu'assasah al-Risâlah); Musnad Ahmad Juz 7162, Juz 12, h. 79 (Muassasah al-Raisâlah).
[23] Puasa wishâl adalah puasa yang bersambung, seharusnya puasa selesai ketika berbuka tetapi dia tetap meneruskan puasanya. Dalam sebuah riwayat diceritakan bahwa istri Basyîr ibn al-Khashâshiyyah ingin berpuasa dua hari secara bersambung. Maka Basyîr melarangnya sebagaimana Nabi SAW melarang hal ini. Kemudian dia berkata bahwa yang demikian ini adalah perbuatan orang Nasrani. Maka berbukalah pada malam hari (ba'da maghrib sampai subuh). Lih. Ahmad ibn Alî ibn Hajar al-'Asqalânî al-Syâfi'î, Fath al-Bârî Juz IV (Beirut: Dâr al-Ma'rifah, 1379 H) h. 203
[24] Muhammad ibn Ismâ'îl al-Bukhârî, Shahîh al-Bukhârî Juz III (Dâr al-Thûq al-Najâh, Cet. I, 1422 H) h. 38
Tidak ada komentar:
Posting Komentar