Sabtu, 27 September 2014

Berniat Berpuasa Sunnah pada Siang Hari Sebelum Zawâl Dan Bolehnya Membatalkan Puasa Sunnah tanpa Udzur

Pertanyaan:
Benarkah Nabi Muhammad SAW pernah melaksanakan puasa sunnah karena tidak ada makanan di rumahnya? Bagaimana hadisnya?

Mas Dhani – Tamzis JCC

Jawaban:
Benar, RasûlulLâh SAW pernah melaksanakan puasa sunnah setelah beliau bertanya kepada ‘Âisyah tentang ketersediaan makanan di rumahnya. Karena tidak tersedia, maka beliau berpuasa sunnah.

Hadis yang menceritakan hal ini dapat ditemukan dalam kitab Shahîh Muslim No. 1154, Kitâb al-Shiyâm (Kitab Puasa), Bâb Jawâz al-Shiyâm al-Nâfilah bi Niyyah min al-Nahâr Qabla al-Zawâl, wa Jawâz fithri al-Shâ’im Nafilan min Ghairi ‘Udzrin (Bab Bolehnya Berpuasa Sunnah dengan Niyat pada Siang Hari Sebelum Zawâl[1], dan Bolehnya Membatalkan Puasa Sunnah Tanpa Udzur).[2]

Hadis Pertama:

1154 - عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا، قَالَتْ: قَالَ لِي رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: ذَاتَ يَوْمٍ «يَا عَائِشَةُ، هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ؟» قَالَتْ: فَقُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا عِنْدَنَا شَيْءٌ قَالَ: «فَإِنِّي صَائِمٌ» قَالَتْ: فَخَرَجَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأُهْدِيَتْ لَنَا هَدِيَّةٌ - أَوْ جَاءَنَا زَوْرٌ - قَالَتْ: فَلَمَّا رَجَعَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قُلْتُ: يَا رَسُولَ اللهِ، أُهْدِيَتْ لَنَا هَدِيَّةٌ - أَوْ جَاءَنَا زَوْرٌ - وَقَدْ خَبَأْتُ لَكَ شَيْئًا، قَالَ: «مَا هُوَ؟» قُلْتُ: حَيْسٌ، قَالَ: «هَاتِيهِ» فَجِئْتُ بِهِ فَأَكَلَ، ثُمَّ قَالَ: «قَدْ كُنْتُ أَصْبَحْتُ صَائِمًا»
قَالَ طَلْحَةُ: فَحَدَّثْتُ مُجَاهِدًا بِهَذَا الْحَدِيثِ، فَقَالَ: «ذَاكَ بِمَنْزِلَةِ الرَّجُلِ يُخْرِجُ الصَّدَقَةَ مِنْ مَالِهِ، فَإِنْ شَاءَ أَمْضَاهَا وَإِنْ شَاءَ أَمْسَكَهَا» - صحيح مسلم (2/ 808)

Dari ‘Â’isyah Umm al-Mu’minîn RA berkata: RasûlulLâh SAW berkata kepadaku pada suatu hari: “Apakah kamu mempunyai makanan?” Aisyah menjawab: Wahai RasûlulLâh SAW, kita tidak memiliki sesuatu pun. Beliau bersabda: “Kalau begitu, aku akan berpuasa.” Kemudian Rasulullah keluar.  (Tak lama) kemudian, saya diberi hadiah (berupa makanan) – atau dengan redaksi lain: seorang tamu mengunjungi kami. Aisyah berkata: Maka ketika RasûlulLâh SAW kembali, saya pun berkata: “Ya Rasulullah, tadi ada orang datang memberi kita hadiah (makanan) kemudian kusimpan untuk Anda. Beliau bertanya: “Makanan apa itu?” Saya menjawab: Kue hais (kue yang terbuat dari kurma, minyak samin & keju). Beliau bersabda: “Bawalah kemari.” Maka kue itu aku sajikan, sehingga beliau memakannya. Kemudian beliau berkata: “Sungguh pagi tadi aku puasa.”

Thalhah berkata: Saya menceritakan hadits ini kepada Mujahid, lalu ia berkata, “Hal itu seperti orang laki-laki yang bersedekah dengan hartanya. Jika ingin, ia akan mengeluarkannya; dan jika tidak, maka ia akan menahannya.” [HR Muslim 1154]

Hadis Kedua:

1154 - عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ، قَالَتْ: دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ فَقَالَ: «هَلْ عِنْدَكُمْ شَيْءٌ؟» فَقُلْنَا: لَا، قَالَ: «فَإِنِّي إِذَنْ صَائِمٌ» ثُمَّ أَتَانَا يَوْمًا آخَرَ فَقُلْنَا: يَا رَسُولَ اللهِ، أُهْدِيَ لَنَا حَيْسٌ فَقَالَ: «أَرِينِيهِ، فَلَقَدْ أَصْبَحْتُ صَائِمًا» فَأَكَلَ - صحيح مسلم (2/ 809)

Dari ‘Â’isyah Umm al-Mu’munîn berkata: Pada suatu hari Nabi SAW masuk kerumahku, kemudian berkata: “Apakah kamu mempunyai makanan?” Kami menjawab: “Tidak!” Beliau bersabda: “Kalau demikian aku berpuasa.” Kemudian beliau mendatangi kami pada hari lainnya, kami berkata: “Wahai RasûlulLâh SAW, kami diberi hadiah kue hais (kue yang terbuat dari kurma, minyak samin & keju).” Maka RasûlulLâh SAW bersabda: “Perlihatkan kepadaku, sungguh pagi tadi aku berpuasa.” Kemudian beliau memakannya. [HR Muslim 1154]

WalLâhu A‘lam bi al-Shawwâb

Miftah Khilmi Hidayatulloh, Lc.
Hikmah al-Qur’ân


[1] Waktu zawâl adalah waktu tergelincirnya matahari, sebagaimana diceritakan dalam QS Al-Isrâ’: 78, “Dirikanlah shalat sesudah matahari tergelincir” (أَقِمِ الصَّلاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْس). Tergelincirnya matahari bisa diketahui dengan melihat bayangan sinar matahari mulai berganti di sebelah timur. Lih. Shâlih ibn Fawzân ibn ‘AbdilLâh al-Fawzân, al-Mulakhkhash al-Fiqhî (Riyâdh: Dâr al-‘Âshimah, Cet. I, 1423 H) h. 104
[2] Muslim ibn Hajjaj al-Naisâbûrî (w. 261), Shahîh Muslim Juz II di-tahqîq oleh Muhammad Fu’âd Abdul Bâqî  (Beirut: Dâr Ihyâ’ al-Turâts al-‘Arabî) h. 808-809

Tidak ada komentar:

Posting Komentar